CERITA RANDOM PERJALANAN BANDA NEIRA - MALUKU



Karena ku lagi buntu bingit mau nulis artikel 8 halaman yang bikin aku tergoda buat mengeluh, akhirnya aku mutusin buat nulis blog saja. *nyapu-nyapu blog* *bersihin sarang laba-laba**gosokin lumut* *metikin jamur*

Wah udah lama sekali rasanya enggak nulis di blog, kecuali puisi-puisi melo dan random. Kekekke
Emang kadang-kadang gitu ya. Karena setiap hari itu aku nulis, kadang-kadang aku jadi males buat nulis di blog. Bahkan kalo udah nulis seharian, ku gak selera lagi bikin caption instagram. Wkwkkwkwkwk Penulis macam apa inih!! #penulisjuga manusa #jurnalisjugamanusia yang bisa jenuh dan penat juga. 

Tulisan-tulisanku di online bisa dibaca di sini.

Jadi apa cerita kita hari ini? Gimana kalau cerita waktu ke Banda kemaren? Soalnya aku belum pernah nulis cerita perjalanan dengan ala-ala curhat kayak gini. Dan gak semua juga bisa aku tulis kalau nulis di media kekeke…

Kalau mau baca cerita versi online resmi National Geographic Indonesia di sini, di sini, dan Intisari di sini (menyusul versi cetak di Edisi Januari nanti) #promositeroooos 


Sehari-hari tuh ya, aku nulis rubrik psikologi untuk online dan nulis kesehatan di cetak. Jadi ku tinggal ambil D-3 Keperawatan udah bisa jadi perawat, karena sering bingit baca teori kesehatan. Wkwkkwkw

Nulis traveling juga lumayan sering, dan caraku nulis traveling itu pendekatannya ke psikologi juga. Jadi kalau baca tulisan travelingku kamu pasti bisa merasakan aura-auranya wkwkwkkwkwkwkkwkwkwkw
Oke curhat dimulai. 

So, kemaren itu perjalanan ke Banda Neira, Maluku itu buat liputan bukan liburan. Sekali lagi, liputan. 

Tapi ku bahagia, liburan sambil bekerja kekeke. Soalnya aku belum pernah ke Indonesia timur. Dan aku happy karena aku rutin berdoa untuk Indonesia Timur di jam doa pribadi hehehe.
Jadilah berangkat hari Kamis 091117, tadinya sih harusnya berangkat tanggal 071117, tapi pesawat dari Ambon ke Banda ada kerusakan teknis hiks…

Awalnya pas mau ke Ambon deg-degan juga, soalnya seminggu sebelumnya kan Ambon kena gempa besar yah. Jadi agak banyak pikiran liar di kepalaku wkwkwkkwkwkkw. 

Sesampainya di Ambon, begitu mendarat dari pesawat setelah menempuh perjalanan selama tiga jam dari Jakarta, maka yang pertama kali di rasakan adalah: PANAS! Panas kali woy!
Aku tu ya, bukannya alergi panas, cuma kalo kepanasan jadinya lusuh lecek gak berbentuk gitu. Aku ga tega melihat diriku sendiri kalau udah kepanasan. 

Pemandangan di Ambon dari Jembatan Merah Purih.


Nah kita memutuskan untuk gak langsung check in hotel, tapi makan siang aja dulu. (Kita: Winny, Mba Dina, Mas Zaki, Pak Supri, Pak Ivan, Mas Him)
Kita makan siang di Lateri Beach yang udah pasang pohon natal dan pernak-pernik natal di bulan November. Early Christmas!

Kita makan makanan laut gitu, seperti ikan bakar, udang goreng, cumi bakar, dll di pinggir laut. Suasananya oke juga. 

Aku sibuk beberapa saat cari sinyal, soalnya ga ada sinyal IM3 bagi pengguna Indosat forever sepertiku ternyata di Ambon. Jadilah ku hanya mengandalkan wifi di sana. Jadi kalo ada Wi-Fi ponsel pun langsung ting tang ting tung ting tang ting tung.
Sepulang dari situ, kita jalan lagi ke salah satu pantai cantik di Ambon, namanya apa ya? Eh kok lupa? Katanya sih lebih bagus dari Netsapa. Di sana kita foto-foto sebentar sambil makan pisang goreng. 

Ini pantai yang aku lupa namanya, tapi bagus beud yah :)

 
 Tadi cuaca yang panas berubah lembab gara-gara tiba-tiba hujan. Trus kita bincang-bincang sebentar sama penduduk situ. 
 
 (kaan…kaan..kaan…ku udah mulai malas ngetik kan nih …lanjut gak..lanjut gak?)
Oke lanjut!

Kita selanjutnya ke hotel yang tidak ingin kusebutkan namanya. Ada miskom sedikit, karena ternyata kamarku dan Winny masih belum dibersihin . Kan pikiran jadi liar pengguna sebelumnya ngapain di situ wkwkkwkwkw Soalnya masih berantakan bingit. 

Akhirnya kami pindah kamar. Sehabis itu kita hanya golek-golek aja di kamar soalnya udah ketemu internet, trus pergi makan malam, trus beli oleh-oleh, trus balik ke hotel bobok deh!
Besok pagi jam 08.00 WIT, kita berangkat menjelajahi Ambon lagi. Driver hari itu namanya Kaka Nove eh sebenarnya adik Nove, karena dia baru umur 19 tahun, Cuma karena aku ga bisa nahan lidah buat manggil sebutan KAKA, jadi kadang-kadang keceplosan wkwkkwkw

Trus abis itu kita pergi ke Benteng Amsterdam dan Gereja Tua Immanuel. Di situ banyak cerita soal benteng Belanda, yah kita wawancara juga. 

GUYS! Aku baru sadar ya yang namanya benteng itu memang kokoh sekali. Selama ini kubaca di Alkitab bahwa Tuhanlah Benteng Pertahanan dan Perlindungan, aku ga bisa ngebayangin benteng itu gimana. 

Nah pas ke Benteng Amsterdam itu akhirnya kusadar, betapa kuat dan kokohnya benteng itu. Kalo tembok biasa cuma dibangun pake satu lapis bata, ternyata kalo benteng itu dibangun sampe berlapis-lapis gitu, tahan guncangan sepertinya.
Si bapak juru kunci juga cerita tentang puteri duyung, ku mendengar tapi tidak percaya wkkwkwkkw *piss love n gaoool!!!


Sorenya kita berangkat ke pelabuhan karena bakal naik kapal Pangrango ke Banda Neira, yang katanya bakal ditempuh selama 12 jam perjalanan. Ohemji!

Selama 12 jam di kapal ini, kapal Pangrango milik PT Pelni.

Ku punya pengalaman rasanya mau mati gara-gara bosan di laut selama 10 jam, jadi aku sudah persiapan sebelumnya. Udah donlot drama karena pasti ga ada internet di laut dan beli makanan. 
Rupanya kalau kapal besar gitu, disediakan tempat tidur di setiap kabin dek-nya. *MAKLUMLAH BARU PERDANA NAIK KAPAL BESAR* Jadi kita bisa bobok-bobok, main-main ke anjungan sambil liat sunset. Wkwkkw

Karena di dek itu ada puluhan orang, rupanya kami sederet dengan rombongan para lansia gaul yang masih hobi foto-foto. “Jeng fotoin dong,..” katanya padaku. Ku sih senang-senang aja menuruti orang tua. Kekekkeke

Suasana di atas kapal, sambil liat sunset di laut lepas. Mantaaps!

Ya biasalah kalau ketemu orangtua, kamu bakal dikasih wejangan mulai dari berdandan sampai rumah tangga. Dia mungkin liat penampilanku yang sudah lusuh kepanasan seharian. Wkwkkwkw, setelah mendengar itu ku bergegas memakai lipstick biar cetaaaarrrr wkwkkw
Aku sempat nonton drama satu episode, cerita-cerita, keliling kapal sebentar buat wawancara, dan ketika mau tidur. Eh kok kapal mendadak panas? AC nya sepertinya mati sodara-sodara! Jadi malam itu lumayan panas, aku ga bisa tidur. Baru tertidur sekitar jam 2 pagi, eh jam 4 pagi orang-orang udah gerupuh mau mandi. Ku tak tahu harus berkata apa selain aku ngantuk :’)
Akhirnya jam 5.30 kita sampai di Banda Neira!!!!


WOOOOOOWWWW CANTIIIIIIK KALIII PEMANDANGAN SUBUH DI BANDA NEIRA!
kita ke penginapan dulu, mandi dan beres2, baru berangkat deh keliling Banda Neira. 


Banda Neira itu sepi loh, enggak terlalu ramai. Kayak di kampungku. Hehehehe
Bedanya, aku merasa tempat ini tenang bingit kayaknya.
Winny sampe nanya: “Lu kalau disuruh tinggal di sini, mau ga?”
Aku gak bisa jawab karena kemaren baru aja ngikutin konferensi misi buat suku-suku yang terabaikan. Agak takut menjawabnya kekekekeke

Pemandangan dari Pulau Run, Cantik yah :)

Jadi hari itu kita jalan dalam teriknya matahari ke berbagai destinasi wisata di Banda Neira. Trus Island Hopping ke Pulau Run dan Neilaka. Kedua pulau ini jauh lebih cantik menurutku. Tapi ku belum sempat buat nulis artikelnya. Kekekkee Tunggu aja yaa tanggal mainnya..

Selama di Banda Neira, kita mengunjungi beberapa tempat menarik dan bersejarah. Lengkapnya baca aja di link-link di atas ya.


Itulah cerita randomku dalam rangka bersih-bersih blog.

SALAM PENUH CINTAAAAAH!
Cups!






Comments

Popular posts from this blog

LEBIH DEKAT MERASAKAN ALAM BERASTAGI

MUSEUM PUSAKA KARO SERPIHAN SEJARAH DI KOTA BERASTAGI

Ada Masa Depan Cerah Bagi Ekonomi Syariah: Yuk Investasi Logam Mulia!